Hari Introvert Sedunia, Emang Ada?

 

Menurut laman psyline.id, introvert adalah orang yang kepribadiannya cenderung menyukai kondisi yang tenang dan senang menyendiri, sedangkan ekstrovert kebalikannya, antara lain lebih antusias dan senang bergaul. Ada juga ambivert, dimana seorang introvert tetapi bisa juga menjadi extrovert.

Istilah Introvert, extrovert, dan ambivert, dipopulerkan pertama kali oleh seorang psikolog dari Swiss yang bernama Carl Gustav Jung. Pada dasarnya setiap orang memiliki sisi introvert dan ekstrovert dalam kepribadian masing-masing. Namun salah satu sisi akan muncul lebih dominan dalam karakter orang tersebut

source : abcnews.com

Ciri-ciri introvert antara lain:

Pendiam dan suka menyendiri karena menurutnya sendirian adalah menyenangkan, lebih nyaman berkumpul dengan sedikit orang, tidak menyukai pembicaraan ringan, berpikir sebelum bicara, tidak langsung membalas pesan dari seseorang, dalam keramaian merasa lelah.

Tetapi introvert bukan pemalu, karena introvert bisa berinteraksi sosial dengan orang lain.

source : the-scientist.com

Siapa saja yang mempunyai kepribadian introvert?

Ternyata sebagian besar dari ilmuwan, filsuf, seniman dan pemikir adalah introvert.

Setiap tanggal 2 Januari merupakan Hari Introvert Dunia; pertama kali pada tanggal 2 Januari 2011, seorang psikolog bernama Felicitas Heyne, anggota afiliasi internasional American Psychological Association (APA), mempublikasikan postingan dalam blognya, mengajak para introvert untuk dapat menghadapinya.

source : liveabout.com

Para introvert sering disalah pahami, tampak sombong dan aneh. Hari introvert untuk membawa kesadaran kepada para introvert, menjadi sosok yang luar biasa, bukan sesuatu yang memalukan.

Introvert punya kelebihan, antara lain bisa mencari solusi, bisa menghindari konflik, bisa bekerja lebih baik dalam tim dan berdedikasi dalam pekerjaan atau hobi, memiliki kemampuan dalam melakukan analisa hal-hal rumit, dan mereka lebih mudah berkonsentrasi saat memecahkan masalah.

Para introvert sebaiknya membuka diri, menjalin hubungan dengan banyak orang karena kita hidup dilingkungan sosial yang menuntut kita untuk berkomunikasi dengan banyak orang.

BACA JUGA : PESAN JACK MA

Sumber: https://www.introvertday.org/ ; https://psyline.id/ciri-ciri-introvert-extrovert-dan-ambivert/ ;

https://psyline.id/psyline_konsultasi/konsultasi-psikologi-seorang-introvert-yang-ingin-menjadi-psikolog/ ; PsyLine.id Psikologi Online

Yuli Hapsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =