Menjaga Kesehatan Mental Saat Physical Distancing

 

source : aljazeera.com

Akibat pandemi virus corona yang saat ini tengah melanda hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia, masyarakat dihimbau melakukan social distancing untuk memutuskan rantai penularan Covid-19.

Membatasi interaksi dalam waktu yang belum bisa dipastikan sampai kapan, tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental, seperti menjadi mudah merasa takut juga panik.

Setiap orang mempunyai cara yang berbeda dalam menghadapi masalah yang tengah dihadapinya. Ada yang dengan mudah bisa bangkit kembali namun tidak jarang yang membutuhkan waktu cukup lama bila dirasakan sebagai suatu tekanan yang sangat berat.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi virus corona, seperti:

  1. Menjaga hubungan baik

Selain selalu berhubungan dengan teman, keluarga pun dapat menjaga kondisi mental selama kita berdiam diri di rumah, karena mereka dapat membantu kita dalam mengatasi masalah atau tekanan yang sedang dihadapi, dengan memberikan masukan-masukan sehingga kita jauh lebih tenang.

  1. Beraktifitas Fisik

Lakukan olahraga ringan, seperti jalan santai atau lari-lari kecil sehingga tubuh kita akan memproduksi hormon endorfin yang dapat meredakan stress dan juga dapat membantu mempernaiki mood kita

  1. Lakukan kegiatan yang disukai

Mungkin selama ini karena kesibukan, ada beberapa kegiatan yang diabaikan. Selama berdiam diri di rumah, lakukanlah aktivitas yang disenangi seperti memasak, melukis, berkebun, dan masih banyak lainya. Dengan melakukan aktivitas yang disenangi itu selain dapat mengatasi emosi yang dirasakan juga dapat membantu mengekspresikan diri.

  1. Edukasi diri dengan informasi yang jelas

Dalam sehari pasti banyak informasi tentang virus corona yang kita dapatkan. Hindari memperoleh informasi dari sumber-sumber yang tidak jelas karena tidak menutup kemungkinan berita itu hoax. Pastikan untuk selalu mendapatkan dari sumber yang benar-benar terpercaya seperti situs WHO, Kementerian Kesehatan RI, juga media lain yang terpercaya.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi adalah yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, juga serat. Semua itu didapatkan dari nasi dan cereal, buah-buahan, sayuran, makanan laut, kacang-kacangan serta susu.

source : scarrymommy.com
  1. Nikmati situasi sekarang

Cobalah untuk menikmati situasi pandemi Covid-19 ini dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, yakinlah bahwa masalah yang terjadi saat ini akan berlalu.

BACA JUGA : PENTINGKAH MEMBACA?

Sumber: https://republika.co.id; https://www.harianaceh.co.id; https://www.ui.ac.id/; https://www.ugm.ac.id/; https://www.alodokter.com; https://psikologikita.com

Ella Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 13 =