Mimi dan Mintuna Berdarah Biru

 

Pasangan suami-isteri yang selalu terlihat berdua, mendapat sebutan seperti mimi dan mintuna. Ternyata mimi dan mintuna adalah satwa jantan dan betina yang selalu berdua seolah- olah tidak pernah terpisahkan.

Satwa itu disebut Ketam Lada (Horseshoe Crab) atau Belangkas, Mimi berjenis jantan dan Mintuna yang betina. Memang kedua binatang itu unik, mereka selalu berdampingan, nempel terus seperti perangko dengan amplopnya. Oleh karenanya bagi masyarakat Jawa, sering mendengar doa orang tua kepada anaknya yang akan menikah agar kelak hidupnya rukun seperti mimi dan mintuna.

source : goodnewsfromindonesia.com

Belangkas hidup di perairan dangkal lahan basah dan wilayah pantai, mempunyai darah berwarna biru yang dapat dipergunakan untuk penelitian medis. Di beberapa negara di Asia, belangkas menjadi hidangan eksklusif. Konon apabila satwa tersebut tidak dimasak bersamaan, akan menghasilkan racun.

Ternyata satwa tersebut sudah ada di bumi sejak jutaan tahun yang lalu, dilihat dari cetakan fosilnya tidak mengalami perubahan berarti sejak masa 400-250 juta tahun yang lalu, dibandingkan dengan bentuknya yang sekarang. Jumlahnya akan semakin langka apabila diburu secara besar-besaran. Oleh pemerintah mimi dan mintuna merupakan satwa dilindungi, tentunya harus dijaga kelestariannya sehingga tidak punah.

BACA JUGA : MUSUH BEBUYUTAN

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Belangkas; https://jatimnet.com/mimi-mintuna-mahkluk-purba-penolong-manusia

Yuli Hapsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + nine =