Museum Islam Terbesar di Dunia

 

Source : gomuslim.co.id

Qatar adalah sebuah negara muslim di Timur Tengah, letaknya di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab di Asia Barat. Sebagai salah satu negara dengan pendapatan ekonomi tinggi, ditopang oleh cadangan gas alam dan minyaknya terbesar ketiga di dunia, Qatar memiliki sebuah museum yang sangat berkaitan erat dengan sejarah Islam.

Museum yang terletak di Doha dan berbatasan langsung dengan Teluk Persia, bernama Mathaf Al-Fann Al-Islami yang mempunyai arti museum seni muslim atau disebut juga dengan Museum Islamic Art (MIA).

Dikutip dari publikasi Museum of Islam Art, museum ini dibangun pada tahun 2008 dan banyak menyimpan berbagai macam artefak (benda arkeologi atau peninggalan benda-benda bersejarah) peradaban muslim sekitar 1.400 tahun yang lalu. Dimulai dari era Fatimiyah, Ottoman, Mamluk, Qajar, Umayyah, Dinasti Muhammad Ali, dan masih banyak lagi. Benda-benda yang terdapat di museum ini diambil tidak hanya dari Arab saja, namun juga dari beberapa negara lainnya.

Bangunan museum seluas sekitar 45.000 meter persegi ini yang dibuat oleh I.M. Pei terlihat sangat unik, museum ini dibangun di atas pulau buatan sehingga bangunan museum ini seperti sedang mengapung di atas laut.

Gedung museum berlantai empat ini didedikasikan sebagai pusat pendidikan dan informasi di bidang seni dari dunia Islam. Museum ini juga sebagai tempat menjaga dan merawat koleksi dari keberagaman seni Islam.

Begitu kita memasuki bangunan museum ini, dapat kita lihat koleksi peninggalan peradaban Islam, mulai dari yang berbahan keramik, permata, ukiran kayu, tekstil maupun besi dan baja, dari abad tujuh sampai 19 Masehi. Selain itu juga terdapat naskah al-Quran kuno sejumlah 800 buah dari abad ke-3 sampai abad ke-19, saat Kesultanan Ottoman Turki berkuasa. Salah satunya Al-quran Abbasid berwarna biru yang sangat langka, serta 2 lembar al-Quran Timurid Baysunghur, Al-quran terbesar di dunia.

Terdapat lagi peninggalan kuno yang sangat menarik perhatian yaitu Sertifikat Haji sepanjang 7 Meter dan Buku Terpanjang di dunia, Shahnameh alias Buku Para Raja. Museum ini juga menyimpan berbagai benda tekstil seperti karpet, kostum, dan berbagai macam kain terbaik yang diproduksi untuk para elit dunia Islam.

Di museum ini kita bisa menemukan toko souvenir, tempat panduan informasi dan multimedia, serta musala. Selain itu juga terdapat perpustakaan, ruang pameran dan kafe.

BACA JUGA : Siapa Sunan Kuning?

Sumber: https://id.wikipedia.org; https://www.gomuslim.co.id

Ella Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − seventeen =