SUKET TEKI

 

manadopost.com

Dunia hiburan berduka dengan meninggalnya Didi Kempot, penyanyi dan pencipta lagu campursari, the Godfather of Broken Heart. Banyak Lagu-lagunya yang menjadi hits, salah satunya Suket Teki, yang dalam liriknya : “Tak tandur pari, jebul tukule malah suket teki”, artinya, “Yang ditanam padi, ternyata yang tumbuh rumput teki“.

Suket Teki adalah rumput Teki (Cyperus rotundus), salah satu rumput liar yang banyak tumbuh di daerah tropis, tumbuhnya mudah menyebar dan akarnya sulit dicabut. Rumput teki sering dianggap sebagai tanaman hama, karena mengganggu pertumbuhan tanaman lainnya.

Rumput teki ternyata sudah dikenal ribuan tahun yang lalu, diketahui dari sisa tengkorak yang memiliki gigi sehat, ditemukan terkubur di situs arkeologi Al- Khiday, dekat Sungai Nil di Sudan, berumur sekitar 6700 SM. Hal itu menunjukkan bahwa rumput teki sudah dikonsumsi. Zat-zat anti bakteria dari rumput teki dianggap sebagai penyebab gigi sehat.

Di Mesir Kuno, rumput teki untuk menjernihkan air, campuran wangi-wangian dan obat-obatan. Dari Mesir, rumput teki menyebar sampai Timur Tengah. Pada abad pertengahan orang-orang Moor membawa rumput teki ke Spanyol kemudian menyebar ke Afrika Barat, India dan Brazil.

Dilansir dari manfaat.co.id, rumput teki dapat untuk pengobatan herbal. Bagian umbi rumput teki, dapat dipakai untuk menurunkan demam, umbinya dibersihkan, ditumbuk halus kemudian diberi sedikit air untuk kompres. Pasta dari umbi rumput teki dapat dibuat olesan anti nyamuk; juga dapat

Saat ini telah tersedia umbi maupun rumputnya, dijual secara online.

Ternyata daun rumputnya bisa juga untuk mengobati penyakit kulit seperti panu, eksim, kutu air; caranya cukup merajang rumput teki kemudian oleskan pada kulit yang sakit, lakukan berulang kali. Mungkin ingin mencoba?

BACA JUGA : GALAU? TOKOH DUNIA PUN PERNAH

Sumber: https://historia.id/sains/articles/pembersih-gigi-zaman-kuno-DWENP; https://manfaat.co.id/ manfaat-rumput-teki

Yuli Hapsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =