Manfaat Jamur Merang

https://id.wikipedia.org

Volvariella volvacea atau yang kita kenal dengan nama jamur merang, merupakan salah satu jamur konsumsi yang dapat dibudidayakan dan tumbuh di wilayah beriklim subtropis, seperti Asia Tenggara.

Di Indonesia, sentra produksi jamur merang terdapat di Dataran Tinggi Dieng, karena Jamur merang dikenal sebagai warm mushroom, hidup dan mampu bertahan pada suhu yang relatif tinggi, antara 30-38 °C dengan suhu optimum pada 35 °C.

Jamur merang selain terkenal dengan kelezatannya juga merupakan bahan pangan yang memiliki kandungan gizi sangat baik sebagai obat berbagai jenis penyakit. Dari 100 gram jamur merang memiliki kandungan Protein 5,94 %; Karbohidrat 0,59 %; Lemak 0,17 %; Abu 1,14 %; Serat 1,56 %; Zat besi 1,9 mg; Fosfor 17 mg; Vitamin B-1 0,15 mg; Vitamin B-2 0,75 mg; Vitamin C 12,40 mg; dan Mineral tambahan yaitu asam folat, zat tembaga, dan kalium.

Lima manfaat jamur merang bagi kesehatan:

  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Salah satu khasiat jamur merang yaitu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, terutama pada penyakit kanker payudara dan kanker prostat. Kandungan beta-glukan dan asam linoleat terkonjugasi memiliki efek karsinogenik.

Kandungan hormon estrogen dalam tubuh yang terlalu tinggi akan bisa memicu risiko terkena kanker payudara. Oleh karena itu, Asam linoleat yang ada pada jamur merang bisa membantu menurunkan efek hormon estrogen tersebut. Dan beta-glukan pada jamur merang akan menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

  1. Mencegah penyakit jantung

Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah dapat memicu terkena penyakit jantung, tapi ternyata jamur merang ikut berperan aktif untuk melawan lemak jahat. 

Jamur merang memiliki kandungan mineral yang tinggi. Salah satunya adalah kalium dan zat tembaga. Fungsi zat tembaga pada jamur merang adalah sebagai zat antibakteri dan ditunjang dengan kalium yang berguna untuk menjaga fungsi pembuluh darah dalam tubuh. Mengonsumsi jamur merang bisa menjaga jantung berfungsi dengan baik.

  1. Mengatasi radikal bebas

Tahukan anda, jika jamur merang juga bisa mengatasi radikal bebas di dalam tubuh? Jamur merang mengandung selenium, berfungsi sama dengan flavonoid yang dikenal untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dalam tubuh tersebut layaknya seperti asap polusi, alkohol, makanan yang memiliki lemak jahat, dan radiasi elektromagnetik yang bisa menimbulkan penyakit serius dalam tubuh anda.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Jamur merang juga baik dikonsumsi oleh penderitan penyakit diabetes. Di dalam jamur merang mengandung insulin alami yang baik untuk penderita diabetes. Jamur merang bermanfaat untuk fungsi pankreas, hati dan kelenjar endocrinal lainnya, dan dapat meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat. Selain itu, jamur merang juga rendah lemak dan karbohidrat.

Baca Juga: Hari Introvert Sedunia, Emang Ada?

  1. Memperkuat tulang

Jamur merang memiliki kandungan kalsium dan Vitamin D yang tinggi, sangat baik untuk pertumbuhan dan memperkuat tulang dalam tubuh anda.

Sumber: http://www.yankes.kemkes.go.id/; https://berbisnisjamur.com/; https://id.wikipedia.org/

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =