Kunang-kunang si Bintang Terang

 

https://nationalgeographic.grid.id/

Kunang-kunang yang dalam bahasa Inggris disebut ‘Fireflies’ atau ‘Lightning Bug’ adalah serangga jenis kumbang yang diklasifikasikan dalam famili Lampyridae dan ordo Coleoptera.

Sebagai serangga, kunang-kunang dapat mengeluarkan cahaya yang sangat jelas terlihat saat malam. Cahaya ini dihasilkan oleh “sinar dingin” yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah dan memiliki panjang gelombang 510 sampai 670 nanometer, dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi sinar sampai 96%.

Kerlap kerlip kunang-kunang seperti segenggam bintang katai (bintang yang berukuran kecil yang terdapat di alam semesta) yang dilempar dari langit dan jatuh melayang-layang.

Namun ternyata ada beberapa fakta unik tentang kunang-kunang:

  1. Kunang-kunang si jenius cahaya.

Cahaya yang dihasilkan oleh kunang-kunang merupakan cahaya yang paling efisien. Hampir 100 persen dari energi dalam reaksi kimia dipancarkan sebagai cahaya. Sebagai perbandingan, bola lampu pijar hanya memancarkan 10 persen dari energi sebagai cahaya, 90 persen lainnya hilang sebagai panas.

Baca Juga: Pasar Ekstrim Di Kota Tomohon

  1. Sebagai penggoda yang nyentrik

Setiap jenis kunang-kunang memiliki spesifik kedipan cahaya, kunang-kunang jantan misalnya menggunakan cara ini untuk memberitahu si betina bahwa mereka akan cocok satu sama lain. Lalu seekor betina akan menjawab dengan kerlipan spesifik tersendiri untuk memutuskan jantan mana yang akan dikawin.

  1. Menerangi dunia bawah tanah

Bayi kunang-kunang dapat memancarkan cahaya di bawah tanah, bahkan telur kunang-kunang pun memancarkan cahaya.

  1. Mempunyai warna lampu seperti pelangi

Kunang-kunang mempunyai warna lampu seperti pelangi walaupun mungkin tidak seluruh spektrum pelangi. Warna cahaya yang dihasilkan kunang-kunang bervariasi, antara kuning, merah terang, hijau, dan oranye.

Sumber: https://id.wikipedia.org/; https://www.greeners.co/; https://bobo.grid.id/; https://nationalgeographic.grid.id/

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − one =