Tips Menggunakan Masker Saat Berolahraga

https://www.alodokter.com/

Saat ini, seringkali kita melihat orang-orang melakukan aktifitas fisik seperti berolah raga dengan menggunaan masker. Padahal menggunakan masker saat berolahraga menjadi tidak leluasa karena dapat menghambat pernapasan. Namun di tengah situasi pandemi Covid-19, menggunakan masker merupakan hal yang sangat penting.

Dikutip dari edunews.id, menurut dr Adria Rusli, SpP(K), dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, berolahraga menggunakan masker di saat situasi seperti saat ini merupakan suatu keharusan, agar terlindungi dari virus.

Menurutnya, cukup gunakan masker biasa yang bisa memudahkan seseorang bernapas dengan baik. Tidak perlu menggunakan masker yang berlebihan, yang akhirnya membuat kita sesak napas

“Boleh pakai masker, tapi jangan sampai mengganggu pernapasan. Jangan pakai masker yang N95, cukup masker biasa saja. Kemudian, istirahat buka (masker) tapi di ruangan atau tempat yang bersih ya,” ujar dr Adria.

Namun gesekan dari masker yang berulang-ulang pada area tertentu pada wajah dapat menyebabkan iritasi kulit bahkan luka terbuka

Menurut Joshua Zeichner, MD, dokter kulit di New York, Amerika Serikat, gunakan pelembab yang sangat lembut di area masker akan bersentuhan langsung dengan kulit. 

Menggunakan masker kain dapat dijadikan satu alternatif pilihan walaupun disebut kurang efektif jika dibandingkan jenis masker lain, tetapi bukan berarti masker kain tidak layak digunakan sama sekali.

Masker kain bisa dijadikan pilihan terakhir untuk melindungi Anda dari paparan virus Corona. Hal ini dianggap lebih baik daripada tidak mengenakan masker sama sekali terutama ketika Anda batuk dan bersin atau ketika Anda berdekatan dengan orang lain yang mungkin sudah terinfeksi virus Corona.

Agar masker kain tetap aman dan efektif digunakan, ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Pilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah dan dapat menutup mulut, hidung, dan dagu.

  • Tidak lupa untuk cuci tangan sebelum mengenakan masker, lalu kenakan masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali masker di belakang kepala dengan erat agar masker tidak longgar.

Baca Juga: Meningkatkan Imunitas Tubuh

  • Hindari menyentuh masker, saat sedang digunakan. Jika ingin memperbaiki posisi masker yang berubah atau longgar, cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker kain yang sedang digunakan.

  • Setelah selesai digunakan, lepaskan masker dengan cara membuka tali pengikat masker di belakang kepala lalu cuci masker kain dengan air panas dan detergen.

  • Segera ganti masker kain apabila sudah robek atau rusak.

Sumber: https://www.medcom.id/ https://www.edunews.id/ https://wolipop.detik.com/; https://cantik.tempo.co/ https://www.alodokter.com/

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − fifteen =