Kisah Upin & Ipin

Foto: IMDb

Sosok Fizi dalam serial kartun asal Malaysia “Upin & Ipin, baru-baru ini membuat heboh warganet, bahkan sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial Twitter.

Diawali dengan kejadian saat Mail menceritakan jika ia tidak bisa ikut main karena harus membantu ibunya untuk mempersiapkan lebaran, Mail juga menjelaskan jika membantu Ibu merupakan suatu kewajiban karena surga berada di telapak kaki ibu.

Mendengar pernyataan Mail membuat Upin & Ipin bertanya bagaimana jika tidak mempunyai ibu, langsung dijawab Fizi “tak akan ada surga bagi yang tidak memiliki ibu”.

Ucapan Mail langsung membuat Upin & Ipin bersedih karena mereka tidak lagi mempunyai orang tua. Upin & Ipin hanya tinggal bersama nenek dan kakak perempuannya.

Serial animasi Upin & Ipin, masih menjadi tontonan favorit anak-anak Indonesia. Sekitar 10 tahun animasi asal Malaysia ini menghiasi layar kaca Tanah Air.

Baca Juga: Pencipta Metode “Ini Budi”

Namun siapa sangka, ternyata yang menciptakan tokoh Upin dan Ipin ini bukanlah orang-orang yang memiliki latar belakang animasi, mereka adalah sepasang suami istri bernama Burhanuddin Radzi dan Ainon Ariff.

Burhanuddin bukanlah penyuka kartun, pasangan suami istri ini awalnya ingin meluncurkan film drama. Namun ketika di tahun 2005, karena pemerintah Malaysia ingin memajukan dunia animasi, maka pasangan ini membangun Les’ Copaque Production yang berfokus membuat animasi, dengan satu alasan karena mereka menyukai anak-anak dan dapat mengerti apa yang dirasakan oleh anak-anak.

Upinipin.fandom.com

Burhanuddin yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana di Les’ Copaque Production, ternyata pernah tercatat sebagai mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB). Meski sempat bersekolah di Bandung, Burhanuddin merupakan warga asli Malaysia yang lahir dan besar di negeri Jiran tersebut.

Tak sampai menyelesaikan studinya di ITB karena alasa pribadi, Burhanuddin kembali ke Malaysia dan melanjutkan studinya di Universitas Teknologi Malaysia (UTM) dan lulus pada 1982.

Program Upin & Ipin merupakan gagasan dan diproduseri oleh Burhanuddin, tetapi pembuatan animasi tokohnya lahir dari imajinasi brilian tiga pemuda yaitu Mohd Nizam Abdul Razak, Mohd Safwan Abdul Karim, dan Usamah Zaid, ketiganya merupakan lulusan dari Universiti Multimedia, Malaysia.

Sumber: https://www.liputan6.com; https://www.haibunda.com/

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 1 =