Tips Ta’aruf Digital Salah Satu Solusi Untuk Menikah

@inspirasipengantinmuslim

Ta’aruf bukan lagi suatu hal yang asing saat ini, terutama bagi masyarakat muslim. Ta’aruf sendiri diserap dari bahasa Arab, ta’arafa atau yata’arafu yang artinya adalah saling mengenal.

Ta’aruf pada prakteknya adalah proses yang dilakukan oleh dua orang yang saling ingin mengenal satu sama lainnya sebelum mereka berdua melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Apakah ta’auruf beda dengan pacaran? Jelas sekali berbeda, karena dalam Islam pacaran diharamkan sedangkan ta’aruf telah disyariatkan.

Baca Juga: Tips Melewati Badai Perselingkuhan

Di era digital seperti saat ini, proses melakukan ta’aruf semakin modern, kini siapa pun yang berminat untuk melakukan ta’aruf bisa melalui media ta’aruf online ataupun aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp.

Ada banyak media ta’aruf online jika tidak ingin melalui cara yang konvensional. Berikut adalah beberapa media online yang yang dapat kamu pilih:

  1. rumahtaaruf.com
  2. mawaddahindonesia.com
  3. taarufonline.id

Aturan yang diberikan setiap media ta’aruf online tidak jauh berbeda satu dengan yang lainnya, yang membedakannya adalah ada yang dibebankan biaya administrasi ada juga yang tidak, namun dalam proses selanjutnya tidaklah jauh berbeda dengan ta’aruf konvensional.

Masing-masing anggota mulai mengisi biodata dengan baik dan benar, pastikan data yang dituliskan tidak salah. Jika nanti ada proses ketertarikan, maka anggota tersebut dapat menghubungi admin untuk mengatur jadwal pertemuan.

Untuk aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp, di bawah ini ada beberapa yang dapat dijadikan pilihan, walaupun mungkin saat ini ada beberapa yang sudah tidak aktif lagi:

  1. GROUP 2 TAARUF AKHAWAT
    https://chat.whatsapp.com/KaTXnud3kDX3bClBfrLF4j
  2. Usaha cari jodoh
    https://chat.whatsapp.com/9989Q0BJ1mp6yC58fMD4ni
  3. MARI TA’ARUFAN
    https://chat.whatsapp.com/9LbuIV8s3jrI4MhkviUVZd

Cara memanfaatkan kumpulan grup WhatsApp untuk ta’aruf mencari jodoh:

  1. Klik salah satu link grup wa yang cocok menurut kamu
  2. Masuk ke grup
  3. Ijin kepada admin untuk ikut join grup
  4. Ikuti tata tertib grup
  5. Ijin kepada admin jika ingin keluar grup

Sumber: https://kitaumroh.com; https://alquranalfatih.com/ https://www.liputan6.com/; http://databasegrupwa.blogspot.com/

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − twelve =