Sapi Raksasa

 

Sapi jenis limosin masih menjadi favorit bagi masyarakat dari “kalangan atas” untuk berqurban pada hari raya Idul Adha. Oleh sebab itu saat ini banyak orang yang mulai mengembangbiakkan jenis sapi ini.

Sebagai salah satu sapi potong yang berasal dari daerah beriklim dingin yakni Perancis, sapi jenis Limosin memiliki tubuh yang besar dan bulu lebat berwarna coklat tua. Tingginya mencapai 1,5 meter dan mempunyai bobot untuk sapi jantan dewasa sekitar 1.100 kg dan bobot sapi limosin betina dewasa sekitar 575 kg.

Ada beberapa alasan mengapa sapi jenis limosin membuat para peternak saling berlomba untuk membudidayakannya, di antaranya:

Baca Juga: Lukisan Dari Kotoran Sapi

  1. Pertumbuhannya yang lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis sapi lainnya, menjadikan sapi jenis limosin ini sangat cocok dijadikan sebagai usaha budidaya.
  2. Mempunyai daging yang lebih banyak karena berat badannya lebih berat dibandingkan dari jenis sapi lainnya.
  3. Sapi jenis limosin mempunyai kualitas daging yang baik sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan konsumsi.
  4. Waktu untuk penggemukan sapi limousin lebih pendek dan cepat.
  5. Lebih tahan terhadap penyakit yang biasa menyerang sapi terutama penyakit antraks.

Dengan memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan jenis sapi lainnya, menyebabkan harga bibit sapi limosin ini menjadi mahal. Untuk kisaran umur 5 sampai dengan 6 bulan diperkirakan harganya mencapai 15 juta rupiah, sedangkan umur 6 sampai dengan 8 bulan harganya mendekati 20 juta rupiah. Maka tak heran jika harga satu ekor sapi limosin sangatlah fantastis, bisa mencapai puluhan juta bahkan lebih dari seratus juta.

Baca Juga: Lantunan Ayat Al-Quran Baik Untuk Mengatasi Stres

Sumber: https://www.agroindustri.id/; https://erakini.com/; https://www.duniasapi.com/

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − one =