PERISTIWA KELAM LEBANON

 

Source : Gettyimages

Hastag #PrayForLebanon tengah menjadi trending topik di Indonesia. Banyak dari warganet Twitter yang beramai-ramai mengirimkan doanya bahkan sampai dengan saat ini total kicauan sudah mencapai 496K tweets.

Selasa (4/8/2020), tiga hari sebelum pembacaan vonis untuk terdakwa kasus pembunuhan Perdana Menteri Lebanon, Rafik al-Hariri, yang tewas dalam serangan bom pada tahun 2005, ibu kota Lebanon, Beirut diguncang ledakan yang sangat dahsyat. Ledakan itu menyebabkan puluhan orang meninggal dan ribuan lainnya mengalami luka-luka.

Republik Lebanon atau resminya disebut dengan Lebanese Republic (Inggris), Al Jumhuriyah Al Lubnaniyah (Arab), Republique Libanaise (Perancis), adalah sebuah negeri dengan topografi daerahnya yang berbukit-bukit.

Kondisi tanahnya yang didominasi oleh bebatuan menyebabkan sektor perkebunan juga pertanian seolah dilupakan. Di lebanon hanya tanaman tertentu saja yang bisa hidup karena pengairannya yang cukup sulit.

Beirut sebagai ibu kota Lebanon, di juluki sebagai Parisnya Timur Tengah, karena merupakan rumah bagi perancang terkenal dunia yang dapat mendekati Perancis.

Kehidupan masyarakatnya dikenal sebagai masyarakat yang dinamis, modern, snobis dan juga konsumtif. Hal ini dapat terlihat dengan maraknya pusat-pusat perbelanjaan yang mewah, juga dari cara mereka berpakaian. Selain itu juga karena ibu kota Lebanon ini memiliki suasana yang kosmopolitan, berbeda dengan kota-kota lainnya yang cenderung konservatif.

Kesan masyarakat dengan karakteristik “urban-state” dapat terlihat dari kehidupan malam seperti banyaknya hotel, cafe, maupun restaurant yang terdapat di sepanjang pantai yang lengkap dengan berbagai macam fasilitas, seperti kapal mewah hinggah tempat perjudian “casino du Liban”.

Beirut, sebagai kota yang sering dilanda perang pada masa lalu, tidak membuat warganya menjadi terpuruk, mereka bersama bangkit dan membangun Beirut menjadi kota yang indah.

Sumber: https://kemlu.go.id/; https://travel.detik.com/; https://lebanonku.blogspot.com/

Ella Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 5 =