Bertahan di Tengah Badai Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang sudah berusia hampir satu tahun ini, memberi dampak negatif terhadap sektor perekonomian termasuk di Indonesia sehingga banyak perusahaan yang mengalami krisis keuangan, dan harus melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

ui.ac.id

Namun bukan berarti semua itu adalah akhir dari segalanya. Banyak contoh seseorang yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dapat bangkit lagi bahkan menjadi pengusaha yang sukses; Sandiaga Salahudin Uno atau yang kita kenal dengan panggilan Sandiaga Uno, salah satu contohnya.

Pria kelahiran Pekanbaru, 28 Juni 1969 adalah seorang pengusaha muda tapi mungkin belum banyak orang yang tahu jika pengusaha sukses itu pernah menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saat krisis moneter melanda Indonesia tahun 1997 – 1998 silam.

Sandi yang sudah cukup lama malang melintang di dunia enterpreneur memberikan solusi kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat menyesuaikan dengan kebiasaan-kebiasaan baru agar usaha mereka dapat tetap berjalan.

Dikutip dari laman republika.co.id, Sandi mengatakan agar kita melakukan suatu usaha yang kita sukai sebagai langkah dasar agar usaha yang kita lakukan dapat bertahan.

Baca Juga: Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain itu juga para pelaku UMKM harus cepat dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi karena semuanya sudah memakai digital; manfaatkan e-commerce. Dengan memakai platform digital seperti sosial media maka para pelaku UMKM dapat memasarkan produk atau jasanya kepada masyarakat

Tidak kalah penting juga untuk memanfaatkan reseller agar dapat meningkatkan penjualan dan memperluas pasar.

Sumber : https://www.wartaekonomi.co.id; https://bio.or.id; https://id.wikipedia.org/https://www.merdeka.com

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =