Ikhlas Itu Indah

Photo by Hamid Tajik from Pexels

Hampir sebahagian orang mengatakan  bahwa ikhlas itu tidaklah mudah, saking tidak mudahnya sehingga  ada orang yang  mengatakan  jika  ikhlas merupakan ilmu tingkat tinggi .

Benarkah harus melewati beberapa tahapan dahulu sebelum akhirnya dapat menjadi manusia yang ikhlas ? “Lakukan dan lupakan” adalah prinsip dasar dari ikhlas yang artinya kita tidak perlu mengingat maupun mengungkit perbuatan apa yang menyebabkan kita sulit untuk dapat menerima.

Dikutip dari lifestyle.okezone.com menurut psikolog Ratih Ibrahim, ikhlas adalah menerima. Hanya ketidakikhlasanlah yang membuat hidup menjadi susah. Dengan kata lain manusia itu hanya membiarkan suatu hal terjadi bukan menerima.

Hidup itu musti ikhlas, simple. Ikhlas adalah menerima. Misalnya, lahir sebagai wanita jadilah wanita, punya orangtua A terimalah dia sebagai orangtua. Sekarang kerja di perusahaan A, terima itu, bukan sekadar menjalani.

Mengapa ikhlas sulit untuk dilakukan ? Dijelaskan oleh  Imam Sahl bin Abdullah al-Tustari “Ikhlas merupakan sesuatu yang paling sukar bagi jiwa. Sebab nafsu tidak pernah menyediakan tempat untuknya.”

Lalu bagaimana caranya agar kita senantiasa ikhlas dalam segala hal ? dibawa ini ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu :

Baca Juga: Lantunan Ayat Al-Quran Baik Untuk Mengatasi Stres

  1. Selalu berfikir positif

Sikap buruk muncul ketika orang berfikiran negatif, hal ini membuat kita terpancing emosi bahkan menjelma menjadi stres.

  1. Mengelola stres dengan benar.

Caranya dengan mencoba merelaksasi fikiran bisa dengan meditasi, mendengarkan musik, berkebun dan sebagainya

  1. Mencoba memaafkan

Tidak mudah memang, tapi dengan belajar memaafkan akan membuat fikiran dan hati kita menjadi tenang

  1. Banyak berdoa

Yakinlah dengan kekuatan doa segala masalah aka dapat terselesaikan, serahkan saja kepada Tuhan, karena Tuhanlah hakim yang paling adil, yang paling tahu mana yang salah dan mana yang benar.

Sumber : https://islamic-center.or.id/; https://staff.blog.ui.ac.id/; lifestyle.okezone.com

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 13 =