Menjaga Kesehatan Mental di Saat Pandemi

Banyaknya informasi yang beredar luas mengenai Covid-19 ini, entah di media TV maupun media sosial seperti whatsapp, facebook dan sebagainya, seringkali justru membuat kita bertambah cemas bahkan cenderung tiba-tiba berubah menjadi paranoid.

https://holisticare.co.id

Bagaimana tidak, hampir setiap hari kita disuguhi dengan berita yang menyeramkan seperti jumlah orang yang terjangkit virus semakin bertambah banyak; bahkan salah satu TV swasta memberitakan jika makam khusus wanita penderita Covid-19 telah terisi penuh.

Sebenarnya penting untuk mencari informasi yang akurat sehingga kita dapat membentengi diri agar tidak mengalami panik yang berlebihan, tetapi jika setiap hari terpapar oleh informasi seperti itu semakin lama kita akan mengalami juga yang dinamakan stres.

Yang dikhawatirkan, jika berlangsung secara konsisten dalam waktu yang lama, maka mental seseorang yang terganggu akan mengubah karakternya secara perlahan-lahan menjadi negatif.

Agar mental kita tetap terjaga pada situasi sulit seperti saat ini, menurut dr. Sahat Hamonangan H, M.Biomed,Sp.Kjn, dikutip dari rsudmangusada. badungkab.go.id, maka yang harus dilakukan adalah:

  1. Kontrol Emosi Kamu

Belajar untuk tidak mudah tersinggung terhadap apa saja yang dikatakan seseorang, pilah apa yang mereka katakan, dan ambil sisi positifnya.

Baca Juga: Bertahan di Tengah Badai Pandemi Covid-19

  1. Mencoba hal baru

Saat terjadi kekosongan waktu atau kamu mulai merasa bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja, maka kamu bisa mengisi waktu dengan mencoba hal-hal baru, sendiri atau bersama temanmu.

  1. Senyum

Meskipun terdengar sepele, tapi senyuman selalu dapat mengubah dunia menjadi lebih positif. 

  1. Bersenang – senang

Carilah hobi positif yang bisa membuat kamu bahagia, yang membuat kamu melupakan segala kepenatan.  Jangan malu untuk tertawa lepas.

  1. Meditasi

Luangkan waktu untuk diri sendiri dengan cara meditasi; lakukan selama 10-15 menit dalam sehari terutama sebelum tidur.

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × four =