Yakin Kentang Goreng asalnya dari Prancis?

Kentang Goreng atau French Fries, rasanya enak dan penyajiannya mudah. Bahan bakunya sudah tersedia berupa potongan kentang sudah dikupas dan dibekukan serta siap digoreng.

Darimana kentang goreng berasal?

Belgia mengklaim kentang goreng atau French Fries berasal dari Belgia, bukan dari Perancis. Mengutip Wonderpolis, 20 November 2017, saat Perang Dunia Pertama, tentara Amerika yang ada di Belgia diberi makanan kentang goreng. Saat itu bahasa resmi tentara Belgia adalah bahasa Perancis sehingga para tentara AS menamakan kentang tersebut French Fries hingga saat ini.

Jo Gerard, sejarawan Belgia mengatakan bahwa resep kentang goreng sudah ada di Belgia sejak tahun 1680. Pada waktu itu penduduk miskin di lembah sungai Meuse antara Dinant dan Liege mempunyai kebiasaaan makan ikan kecil yang digoreng. Ketika musim dingin mereka menggoreng kentang yang dipotong-potong sama panjang.

Di Belgia mengonsumsi kentang goreng menjadi budaya. Ada sekitar 5000 kedai kentang goreng, dan diangkat sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 2014.

Belgia salah satu negara penghasil kentang terbesar di dunia selain Belanda, Inggris, Perancis, dan German. Belgia menghasilkan 4,5 juta ton kentang, diolah menjadi berbagai produk. Sekitar 90% di ekspor ke berbagai negara dalam bentuk frozen Belgian Fries hingga mashed potato.

Sejak kapan tanaman kentang dikenal?

Berkas arkeologi menyebutkan, tanaman kentang paling awal di pesisir Ancon, Peru Tengah, sekitar 2500 SM; kemudian di Selatan Peru dan Barat Laut Bolivia antara 8000 dan 5000 SM.

Sekitar tahun 1573, kentang masuk Eropa untuk konsumsi suatu kontingen di Rumah Sakit Sevilla. Orang-orang belum berani mengonsumsinya karena masih menganggap kentang mengandung racun. Kentang diberi nama Devil’s Apple (apel setan) yang tumbuh di bawah tanah.

Kentang masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda. Dari catatan awal diketahui tanaman kentang ada sejak tahun 1795, ditanam di sekitar Cimahi – Priangan dan Gunung Tengger,

BACA JUGA : MANFAAT JAHE

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Kentang_goreng; https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_kentang

Yuli Hapsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =