Meningkatkan Imunitas Tubuh

 

source : batamnews.co.id

Masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana caranya membuat dirinya tetap sehat. Imunitas tubuh mempunyai peranan yang penting untuk menjaga kesehatan. Agar tubuh tidak mudah terserang penyakit maka kita harus mempunyai imunitas yang baik.

Dengan menerapkan pola hidup sehat maka semakin besar kemungkinan orang itu akan hidup lebih lama.

Berbagai cara bisa kita lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat, diantaranya:

  1. Bijak Memilih Makanan

Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah, karena vitamin dan mineral yang terkandung di dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

  1. Makanlah Makanan Bergizi

Menurut Ahli gizi, Rita Ramayulis DCN. M.Kes, kompisisi makanan bergizi untuk orang dewasa terdiri dari empat kelompok, sedangkan untuk anak-anak harus terdiri dari lima kelompok. Yakni, karbohidrat, protein hewani dan nabati, sayur mayur, produk olahan susu, serta buah-buahan. 

  1. Bijak Mengelola Stres

Setiap orang pastinya pernah dilanda stres, bisa karena macet di jalan, kondisi keuangan yang mencekik leher, dan sebagainya. Stres yang tidak terkendali dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, dalam jangka panjang dengan makin meningkatnya hormon kortisol tersebut maka dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Oleh sebab itu bijaklah mengelola stres dengan cara berhenti sejenak dari aktivitas yang sedang kamu kerjakan, tenangkan diri sambil menarik nafas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Lakukan berulang-ulang sampai kamu merasa rileks. Cara lainnya adalah lakukanlah aktivitas yang kamu senangi seperti menulis, membaca, atau lainnya.

  1. Cukup Istirahat

Tidur sangat penting bagi kesehatan. Saat tidur, tubuh menjadi rileks, sehingga memberikan waktu istirahat dan membangun kembali otot-otot yang lelah sepanjang hari.

Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per malam.

  1. Rutin Olahraga

Lakukanlah olahraga yang kamu sukai, jika kamu suka bersepeda atau berenang, maka segera lakukan. Buatlah tubuh selalu bergerak setiap harinya. Dengan aktif bergerak maka tubuh akan membakar kalori yang mengendap dalam tubuh, juga dapat mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh

BACA JUGA : BERPUASA DI TENGAH PANDEMI

Sumber: https://www.alodokter.com; https://bidanku.com; https://hellosehat.com; https://www.halodoc.com

Ella Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 9 =