ADA APA DI KUTUB ?

 

source : indonewyork.com

Dunia memiliki dua kutub yaitu Kutub Utara adalah titik paling utara dari bola bumi dan Kutub Selatan berada di ujung selatan bumi.

Apakah Kutub Utara sama kondisinya dengan Kutub Selatan?

Kutub Utara adalah lautan yang beku seluas 5,4 juta mil persegi, dikelilingi daratan yang sering disebut Lingkaran Arktik (Arctic Circle). Ketebalan es bervariasi antara beberapa inchi hingga dua meter; saat musim panas sering terlihat retakan es. Rata-rata suhu pada musim dingin minus 40 derajat C dan 0 derajat C pada musim panas. Binatang yang banyak ditemui adalah Beruang Kutub.

Orang Eskimo atau Esquimaux, mendiami Kutub Utara. Ada dua kelompok besar Eskimo yaitu INUIT di Utara Alaska, Kanada, dan Greenland, serta kelompok YUPIK di Barat Alaska dan Timur Jauh Rusia. Mereka tinggal di rumah yang bernama IGLO, yang seluruhnya terbuat dari es; bentuknya setengah bundar (Dome) dan pintu masuknya berupa silinder. Rumah tersebut di musim panas akan meleleh.

Eskimo tinggal dalam beberapa kelompok keluarga, masing-masing berisi beberapa ratus orang. Para ilmuwan datang, mendirikan kamp-kamp di atas lautan beku atau di atas kapal pemecah es.

Kutub Selatan (Antartika) adalah daratan seluas 6 juta mill persegi, yang bergunung dan berdanau tertutup es, serta dikellingi lautan. Hampir 99 % wilayah Kutub Selatan ditutupi lapisan es dan glasier hingga setinggi 4700 meter. Suhu musim dingin minus 60 derajat C dan musim panas 28,2 derajat C. Pada bulan Juli 1983 pernah mencapai suhu terendah minus 128 derajat C. Penguin banyak ditemui di Kutub Selatan.

Kutub Selatan tidak semua wilayah mendapat sinar matahari, dan banyak belum terjamah manusia. Roald Engelbregt Gravning Amundsen berkebangsaan Norwegia tahun 1910 dan 1912 memimpin ekspedisi ke Antartika. Ia orang pertama yang mencapai Kutub Utara dan juga Kutub Selatan. Pada Juni 1928, Roald Engelbregt hilang ketika berpartisipasi dalam misi penyelamatan di Laut Barents.

Kutub Selatan tidak berpenghuni, yang datang umumnya para ilmuwan dan peneliti. Pada saat musim penelitian, terdapat lebih dari 60 pusat sains yang didirikan oleh 27 negara.

Tidak ada negara memiliki Kutub Selatan. Berdasarkan Perjanjian Antartika, dinyatakan tanah dan sumber daya hanya boleh digunakan untuk tujuan perdamaian dan ilmiah.

BACA JUGA : ADA APA DENGAN WARNA MERAH

Sumber:  https://www.mongabay.co.id/2016/03/01/jangan-bingung-ini-7-perbedaan-mendasar-kutub-utara-dan-kutub-selatan/; https://id.wikipedia.org/wiki/Roald_Amundsen; https://www.dosenpendidikan.co.id/suku-eskimo/;  https://sains.me/penghuni-kutub-selatan/

Yuli Hapsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + sixteen =