Dahulu balon dibuat dari usus kucing

 

 

Entah mengapa balon mempunyai daya tarik tersendiri bagi anak kecil maupun dewasa; namun perlu waspada karena balon gas, bisa membawa bahaya jika berdekatan dengan api. Pernah terjadi peristiwa pada saat masyarakat mengejar balon gas di suatu acara, terjadi ledakan yang menimbulkan luka bakar pada beberapa orang, diduga ada yang merokok.

Balon bisa terbang karena diisi gas. Ada dua jenis yaitu Hidrogen dan Helium; yang berisi hidrogen mudah terbakar dan harganya lebih murah dari helium. Helium relatif aman, namun tetap hati-hati, jika terhirup berdampak pada kesehatan.

Dikutip dari laman beritagar.id dikatakan oleh dr.Frans Abednego Barus, SpP dari OMNI Hospitals Pulomas, Helium dapat membahayakan pernafasan.

Untuk yang merayakan hari ulang tahun dengan meniup lilin, jangan terlalu dekat dengan balon gas, balon bisa pecah dan melukai orang yang berada di dekatnya. Hal ini disebabkan karena balon berisi gas hidrogen, bersifat mudah meledak apabila berdekatan dengan api maupun rokok.

Sejak kapan balon dikenal manusia?

Tiga orang peneliti, Jean Merlin, Kaufman, dan Greenverg (1994) mengatakan, yang pertama kali membuat balon adalah masyarakat Aztek sekitar tahun 1345-1521, di Amerika Selatan. Balon dibuat dari usus besar kucing sebagai persembahan kepada para dewa.

Balon modern dibuat tahun 1824, oleh Michael Faraday, ilmuwan dari Inggris dari bahan lateks sangat elastis. Balon dibuat untuk mainan dan diproduksi secara masal oleh Thomas Hancock, bentuknya berupa satu set alat yang terdiri atas sebotol karet cair dan alat tiup.

Tahun 1847, J.G. Ingram dari London membuat balon mainan lebih tahan terhadap perubahan temperatur, menjadi prototipe balon modern. Saat ini balon terbuat dari karet, lateks, foil, dan nilon.

Balon gas yang terbang, kira-kira di mana jatuhnya?

Balon terbang, akhirnya akan jatuh di satu tempat, yang bisa membawa dampak buruk pada lingkungan di antaranya:

  • Balon yang jatuh di pantai dan sekitarnya dapat dimakan oleh hewan, dikira makanan. Burung Fumar (sejenis Camar Laut) 2% memakan sampah balon. Kura-kura dapat terkecoh makan balon yang dikira ubur-ubur.
  • Balon yang jatuh di wilayah peternakan di Kent. Inggris, dimakan sapi, sehingga sapi mati karena mengunyah sampah balon.
  • Balon gas yang jatuh ke tanah atau air, mencemari lingkungan karena bahan karet sulit terurai.
  • Balon gas bisa terbang sampai 800 meter dari titik pelepasan, hal ini dapat mengganggu penerbangan.

Pada saat ini telah ada balon yang ramah lingkungan, terbuat dari lateks pohon Hevea; dengan proses alamiah, sampah balon tersebut akan hancur, membusuk seperti dedaunan, dan akan menjadi vitamin bagi tanah.

BACA JUGA : BADUT, TOKOH LUCU ATAU JAHAT?

Sumber: https://bobo.grid.id/read/081906948/ternyata-balon-punya-sejarah-yang-menyeramkan-pernah-tahu?page=all; https://osc.medcom.id/community/taukan-kamu-bahwa-balon-gas-dapat-membawa-petaka-555; https://www.google.com/search?q=balon&rlz=1C1CHBF_idID817ID817&oq =balon&aqs=chrome..69i57j0l5j46l2.2134j0j8&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Yuli Hapsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 1 =