Sejarah Sapu

Source : slate.com

Sapu, sebagai alat pembersih ruangan atau halaman yang praktis, tidak diketahui dengan pasti sejak kapan dipergunakan, tetapi sudah ada cerita penyihir naik sapu terbang sejak tahun 1453.

Sekitar tahun 1797, Levi Dickinson, petani dari Massachusetts membuat alat untuk membersihkan rumah dari rumput berumbai (Sorghum Vulgare) yang diikat pada tongkat. Alat tersebut yang dinamakan sapu, sebagai hadiah untuk istrinya yang akan membantu membersihkan rumah mereka.

Sapu buatannya ternyata sangat efektif dalam membersihkan rumah sehingga Dickinson dan putranya, sejak tahun 1800-an, memproduksi sapu dan dijual hingga ratusan jumlahnya.

Melihat keberhasilan Dickinson, para petani mulai menanam rumput tersebut untuk dibuat sapu. Agar produksi sapu bisa lebih cepat, dibuat mesin pembuat sapu, salah satunya yang terkenal dibuat oleh The Shaker, sebuah sekte keagamaan Kristen, memproduksi sapu dengan ujung datar. Gerakan sapu dapat dikontrol dan area cakupan lebih luas.

Sapu buatan Shaker menyebar cepat ke seluruh Amerika Serikat, dan hingga kini masih digunakan dengan mengikuti perubahan besar dunia.

Tahun 1940, bahan sapu beralih pada serat sintetis, dengan bulu plastik yang lebih lembut, membuat sapu sintetis banyak digemari masyarakat.

Saat ini banyak tersedia bermacam macam sapu dengan harga terjangkau seperti:

  • Sapu lidi, terbuat dari lidi yang berasal dari pelepah kelapa atau a Sapu bergagang panjang dan lidinya tebal, untuk menyapu kebun dan pekarangan

Sapu bergagang pendek dan lidinya kecil, untuk membersihkan kasur.

  • Sapu ijuk, bahannya didapat dari pohon aren, sangat cocok untuk membersihkan teras.
  • Sapu plastik, sudah sangat banyak ditemukan, bisa untuk membersihkan karpet, jika kotor mudah dibersihkan.
  • Sapu dengan menggunakan limbah botol plastik sudah dibuat oleh kelompok masyarakat.
  • Sapu jerami, terbuat dari bahan jerami, saat ini sudah jarang ditemukan, digunakan untuk membersihkan material yang agak kasar, seperti lantai yang terbuat sari kayu.

Sumber: sains.kompas.com/read/2019/02/22/153949823/penemuan-yang-mengubah-dunia-sapu-mulanya-dibuat-untuk-hadiah-istri?page=all#page3; https://my-best.id/54708

Yuli Hapsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =