by

Berkebun di Lahan Terbatas

Di tengah situasi pandemi covid-19 ini, berkebun dapat dijadikan salah satu hobi yang cukup menghibur. Namun bagaimana jika kita memiliki lahan yang terbatas, apakah harus kita urungkan keinginan kita itu?

Di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu:

  1. Manfaatkan Pot

Berkebun menggunakan pot dapat dilakukan jika memiliki lahan terbatas. Jenis pot yang dapat digunakan seperti bekas kaleng biskuit, bekas ember plastik, drum, dan sebagainya. Dengan menggunakan pot, maka tanaman itu dapat dengan mudah dipindahkan sesuai dengan kebutuhan, seperti jika membutuhkan panas cahaya matahari secara langsung. Jangan lupa untuk memberi lubang di dasar media itu untuk aliran air.

https://potretlingkungan.wordpress.com
  1. Vertikultura

Merupakan sistem bercocok tanam yang dilakukan secara bertingkat. Pada dasarnya metode ini menggunakan rak-rak khusus yang memungkinkan untuk berkebun vertikal. Bahan yang digunakan bisa berasal dari bambu atau pipa paralon. Tanaman yang digunakan biasanya disesuaikan dengan wadah, berumur pendek dan berakar pendek.

https://8villages.com

Baca Juga: Makanan Sehat Itu Murah

  1. Hidroponik

Hidroponik adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Tidak memerlukan lahan yang luas karena dapat tumbuh pada instalasi pipa. Jenis tanaman hidroponik bervariasi mulai dari buah-buahan hingga sayuran seperti selada, kangkung, bayam, dan sebagainya.

kompas.com

Sumber : https://imagebali.net/, https://bibitbunga.com/ http://cybex.pertanian.go.id

Ella I

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + nineteen =

News Feed