by

Bersaing di Era Digital

-Tips-27 views
Moneykompas.com

Era digitalisasi yang terjadi saat ini, suka ataupun tidak suka telah membawa kita menuju era masyarakat digital yang kemudian secara perlahan mengubah kehidupan masyarakat.

Di era digital ini kehidupan manusia semakin dimudahkan, apa yang dulu tidak mungkin dilakukan saat ini menjadi mungkin. Kemudahan itu juga akan mengubah perilaku manusia pada umumnya. Hampir semua akan disibukkan oleh smartphone karena semua urusan dapat dibantu oleh gadget itu.

Bagi pelaku usaha, era digitalisasi ini sebenarnya merupakan moment yang tepat sebagai sarana memasarkan produk mereka. Namun mirisnya tidak semua pelaku usaha konvensional dapat memahami perubahan tersebut. Banyak dari mereka yang tidak dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi; hal ini yang menyebabkan terjadinya penurunan omzet.

Lalu bagaimana agar kita “melek” teknologi dan mampu bersaing di era digital ini?

  • Aktif menghadiri seminar

 Saat ini banyak sekali seminar yang ditawarkan baik yang berbayar maupun tidak. Di era digital dibutuhkan banyak pengetahuan agar dapat tetap bertahan dari sesama kompetitor.

  • Manfaatkan Media Sosial

Banyak sekali media sosial yang terdapat di Indonesia, seperti facebook, whatsapp, line, instagram, dan sebagainya. Manfaatkan media sosial dan jadikan alat untuk memasarkan produk yang kita miliki. Cara penggunannya bisa dikatakan tidak rumit cukup membuat konten yang semenarik mungkin.

Baca Juga: Senang Eksis di Sosmed ? Bisa Jadi Penyakit Lho

  • Manfaatkan Konten Marketing

Menambahkan beberapa aplikasi hingga video pada isi website ataupun blog yang kita miliki akan memberikan nilai tambah; selain itu pula akan berpengaruh kepada jumlah pengunjung. Apabila konten yang kita miliki banyak dicari, otomatis situs yang kita miliki akan berada di urutan pertama pada laman pencarian.

Ella I

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 6 =

News Feed