by

Cemburu…Masih Perlukah?

-Tips-26 views

Menjalani pernikahan memang bukanlah hal yang sederhana, akan banyak rintangan yang pastinya harus dihadapi, salah satunya adalah cemburu.

Cemburu merupakan emosi dan biasanya merujuk pada fikiran negatif dan perasaan terancam, takut dan khawatir kehilangan sesuatu. Cemburu dapat menyerang orang dari segala usia dan seringkali ditunjukkan dengan rasa amarah, benci juga kecewa.

Memiliki rasa cemburu pada pasangan dalam sebuah pernikahan adalah hal yang wajar dan diperlukan namun akan mengganggu jika berlebihan. Dikutip dari hallosehat.com, cemburu menyebabkan lonjakan kadar hormon testosteron dan kortisol di tubuh kita. Kedua hormon ini membuat kita memiliki hasrat untuk mempertahankan pasangan setiap kali dilanda cemburu. Hal ini diperkuat juga dengan adanya peningkatan aktivitas septum lateral, bagian otak yang berperan dalam mengendalikan emosi dan menjalin ikatan pada pasangan.

Baca Juga:

Memaafkan, Apakah Sama Dengan Melupakan ?

Tips Melewati Badai Perselingkuhan

Menurut psikolog Anne Stirling Hastings, cemburu bisa dibilang sehat ketika kita tetap mampu untuk berpikir logis, tidak membesar-besarkan masalah sehingga dibiarkan berlarut-larut. Jika timbul rasa cemburu, ungkapkanlah langsung kepada pasangan, bukan menghardik dan akhirnya menjadi bertengkar yang tidak perlu.

Jika rasa cemburu ini bisa diselesaikan dan dilewati dengan baik, hal ini justru bisa memperkuat rasa cinta dan komitmen antara kita dengan pasangan.

Lalu cemburu yang tidak sehat itu seperti apa?

Jika kamu selalu dihantui dengan fikiran negatif yang diciptakan sendiri, merasa tidak nyaman dan tidak percaya lagi dengan pasangan, lalu sibuk dengan mencek telepon genggam, whatssap maupun media sosial milik pasangan kamu, itu pertanda kamu memiliki rasa cemburu yang tidak sehat.

liveabbout.com

Untuk mengatasi cemburu yang tidak sehat, di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu:

1. Cari Tahu Fakta

Cemburu datang terkadang tidak mengenal waktu dan tempat, bisa datang kapan saja. Agar tidak sering muncul, cobalah untuk mencari tahu fakta yang sebenarnya, agar tidak timbul rasa curiga yang berlebihan.

2. Jalin Komunikasi dengan Pasangan

Belajar berkata jujur jauh lebih baik daripada selalu menduga-duga yang tidak pasti karena seringkali justru dengan diamnya kita, pasangan tidak akan mengerti apa yang kita rasakan.

 

hellosehat.com

3. Bersikap Tenang

Cemburu sudah pasti akan mendatangkan emosi negatif, beri waktu untuk dapat meredakan emosi negatif itu lalu bicarakan dengan kepala dingin dengan pasangan kita.

4. Berpikir Positif

Curiga berlebihan sangat tidak menguntungkan bahkan bisa jadi akan membuat hubungan dengan pasangan menjadi tambah memanas. Untuk itu berpikir positif sangatlah dianjurkan.

5. Saling Percaya dan Terbuka

Mulailah bercerita tentang semua hal, dengan saling percaya dan terbuka, akan membantu mengusir rasa cemburu yang kerap timbul.

Sumber : https://www.halodoc.com/; https://hellosehat.com/

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + thirteen =

News Feed