by

Makanan Penunda Lapar

Salah satu kewajiban umat muslim di saat bulan Ramadhan adalah menjalankan ibadah puasa. Pada saat menunaikan ibadah puasa, sudah dapat dipastikan pola makan mengalami perubahan, yang biasanya kita makan sehari tiga kali menjadi dua kali.

Pemilihan jenis makanan yang tepat di saat sahur sangat dianjurkan; bukan hanya sekedar makan saja namun bagaimana kita bisa mensiasati agar rasa kenyang itu bisa tahan lama.

Di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama:

  1. Alpukat

Alpukat mempunyai kandungan vitamin yang beraneka ragam di dalamnya, yaitu vitamin A, B, C, E, dan K, serta karbohidrat, protein, folat, hingga magnesium.

Mengonsumsi alpukat yang mengandung lemak baik, ternyata dapat menghambat pengosongan perut sehingga perut kita akan kenyang lebih lama lagi. Selain itu, setengah buah alpukat dapat menghasilkan peningkatan signifikan pada rasa kenyang dan juga akan berkurang keinginan kita untuk makan hingga lima jam.

Sumber : wartaekonomi.co.id/
  1. Kurma

Dikutip dari klikdokter.com bahwa buah kurma mengandung glukosa, fruktosa, dan kalium yang tinggi, 64% lebih tinggi dari buah pisang. Nutrisi ini disebut beta-D-glukan yang merupakan serat larut yang bermanfaat bagi kesehatan serta bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

sumber : Liputan6.com

 

  1. Jagung

Di dalam jagung terdapat jenis karbohidrat yang kompleks, hal itu menyebabkan jagung dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

sumber : baktikunegeriku.com/
  1. Singkong

Pati resisten yang mempunyai sifat serupa dengan serat larut dalam air, terdapat dalam makan olahan dari singkong. Pati resisten dapat membuat metabolisme tubuh kian baik sehingga rasa kenyang pun dapat bertahan lebih lama lagi. 

sumber : https://food.detik.com/

BACA JUGA : MAKANAN SEHAT ITU MURAH

Sumber: https://www.klikdokter.com/; https://www.halodoc.com/ http://blog.sayurbox.com; https://www.sehatq.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 10 =

News Feed