by

Masih Mau Pakai Filler Pada Payudara Anda?! Ini Nih Bahayanya

Setiap wanita pasti ingin memiliki bentuk payudara yang indah, namun pada kenyataannya tidak semua wanita beruntung memilikinya. Hal itu menyebabkan mereka rela merogoh uang yang tidak sedikit demi memiliki payudara yang mereka inginkan, salah satu cara yang digunakannya adalah dengan melakukan filler.

Apa sebenarnya filler?

Dikutip dari https://www.klikdokter.com, filler adalah prosedur memasukkan suatu zat ke dalam tubuh untuk menambah volume suatu organ. Prosedur ini dilakukan dengan bius lokal, dan tidak membutuhkan perawatan inap atau masa penyembuhan yang lama.

Baca Juga:

Hari Introvert Sedunia, Emang Ada?

Psikopat, Masih Dapatkah di Tangani?

Bahan filler yang biasanya digunakan sangat bervariasi. Zaman dahulu, filler mengandalkan bahan dari silikon yang tergolong berbahaya karena tidak bisa diserap oleh tubuh. Namun zaman sekarang, filler yang paling sering digunakan adalah hyaluronic acid (HA).

Baru-baru ini, Monica Indah, seorang model Indonesia, dikabarkan melakukan filler payudara. Namun yang sangat disayangkan ternyata filler yang dilakukannya membawa efek samping yang tidak diinginkan, yaitu mengalami mastitis.

Mastitis adalah gangguan yang terjadi karena ada peradangan pada jaringan payudara. 

https://www.margriet.nl

Dilansir dari health.detik.com, menurut profesor bedah plastik David S Perdanakusuma, SpBP-RE(K), filler memang tidak untuk pembesaran payudara. Pasalnya, membesarkan payudara dengan filler justru bisa menimbulkan kerusakan jaringan. Maka itu dalam dunia bedah plastik, pembesaran volume payudara dilakukan dengan implan atau fat transfer.

“Perlu dipertimbangkan kembali penggunaan filler untuk payudara karena untuk mendapatkan bentuk bagus jumlah yang digunakan bisa mencapai 200 sampai 300 cc per payudara, bisa terjadi efek yang kurang baik pada jaringan payudara,” terang Prof David.

Lebih lagi jika sudah terjadi infeksi atau nekrosis, bisa terjadi gangguan bentuk. Di antaranya, timbul lubang seperti yang dikeluhkan Monica Indah.

Sumber: https://www.halodoc.com; https://www.klikdokter.com; https://health.detik.com/

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − nine =

News Feed