by

Mencintai atau Dicintai, Pilih yang Mana?

-Tips-14 views

Jatuh cinta memang terasa indah bagi semua orang yang pernah merasakannya. Hati terasa berbunga-bunga penuh warna. Namun jika kamu disuruh untuk memilih, mencintai atau dicintai, kamu akan pilih yang mana?

Jika mencintai seseorang pastinya mau melakukan apapun bahkan mungkin terkadang di luar logika demi orang yang dicintainya, sedangkan bagi yang merasa dicintai pasti di hatinya ada perasaan yang sangat bahagia juga bersyukur ada seseorang yang sudah mencintainya..

Lalu….lebih baik mana? Dicintai atau mencintai?

Dikutip dari medcom.id, menurut Efnie Indrianie, M.Psi psikolog anak, remaja, dan keluarga dari Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Maranatha, Bandung, “Bagi sebagian besar orang pasti berpikir merasa lebih enak dicintai, karena merasa dirinya berada di posisi lebih atas. Namun, jika dilihat dari sudut pandang  biopsikologi , mencintai itu merupakan hal yang baik,” ujar Efnie. Hal ini alasannya adalah saat seseorang mencintai hormon oksitosin aktif di tubuhnya dan hal ini bagus untuk kesehatan fisik dan mental.”

“Hal yang perlu diingat adalah, mencintai itu artinya ikhlas memberikan kasih sayang, dan dengan demikian barulah hormon oksitosin tersebut aktif. Jika mencintai karena obsesi dan berlebihan malah hanya meningkatkan adrenalin dan kortisol (hormon stres),” papar psikolog yang ramah ini.

Mencintai dengan ikhlas bukanlah hal yang rumit sebenarnya, lalu bagaimana caranya?

Cintailah dengan segala kekurangannya juga, bukan hanya mencintai kelebihannya saja. Kekurangan yang dimiliki oleh orang yang kamu cintai hendaknya janganlah dijadikan sebagai bahan untuk merendahkan, berikan motivasi agar kepercayaan dirinya dapat terbangun sehingga dapat menutupi kekurangan yang ada.

Lalu bagaimana jika kamu sudah mencintai dengan ikhlas namun tetap disakiti pada akhirnya?

Mintalah kepada Allah SWT agar kamu diberikan kekuatan untuk bisa memaafkan, karena Allah akan memberikan pahala yang berlimpah atas kesabaran menghadapi rasa sakit hati, tanpa membalasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 18 =

News Feed