by

Mengenal Istilah Ghosting dalam Kencan

Nama Kaesang Pangarep mendadak menduduki trending topik di Twitter, hal itu terjadi ketika Meilia Lau di akun instagramnya @meilia_lau menunjukkan amarahnya setelah Kaesang meninggalkan putrinya yang bernama Felicia Tissue, begitu saja setelah berpacaran cukup lama.

Banyak warga net yang mengatakan Kaesang telah melakukan ghosting terhadap mantan kekasihnya.

Sebenarnya apa itu ghosting?

Dikutip dari id.wikipedia.org ghosting adalah istilah untuk menggambarkan pemutusan komunikasi sepenuhnya kepada pasangan, pacar, atau teman, tanpa memberitahukan alasan di balik sikap tersebut. Sikap ini juga dapat berwujud pengabaian segala upaya komunikasi yang dilakukan oleh pihak yang digantung. Ketidakjelasan alasan di balik sikap tersebut dapat membuat permasalahan dalam hubungan pribadi antara teman, pacar, dan lainnya.

Menurut psikolog pro Help Center dan konselor IAC (Indonesia Association Counseling) Nuzulia Rahma Tristinarum, pada health.detik.com, ghosting dapat berdampak pada psikologis seseorang yang jadi ‘korban’ karena dapat menimbulkan perasaan merasa ‘ditolak’ atau tidak diinginkan.

“Dalam beberapa penelitian, perasaan tidak diinginkan atau ‘ditolak’ oleh seseorang atau lingkungan dapat menimbulkan rasa kesepian, kesedihan, kecemasan, gangguan mood, menurunnya self-esteem, frustasi dan depresi,” lanjutnya.

Baca Juga:

Hati-hati Punya Pacar Atau Pasangan Hidup Yang Suka Menangis Tiba-tiba, Bisa Jadi Mengalami Ini

Lalu apa yang menyebabkan seseorang melakukan ghosting?

  1. Takut dengan Komitmen

Biasanya karena merasa hubungan yang dijalaninya tidak serius yang berdampak pada kurangnya memiliki rasa tanggung jawab.

  1. Sulit Berkomunikasi

Bisa karena ada rasa tidak tega dan sulit untuk menyampaikan pada pasangan, juga bisa karena tidak siap dengan respon dari pasangannya.

  1. Bertemu Orang Lain

Bertemu dengan “teman lama” atau orang lain yang disukainya bisa menjadi salah satu alasan mengapa orang itu melakukan ghosting kepada pasangannya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 13 =

News Feed