by

Open Marriage

Baru-baru ini kita semua digemparkan dengan pengakuan seorang selebritis wanita yang mengakui bahwa ia telah melakukan hubungan seks dengan pria lain kala masih terikat tali pernikahan dengan mantan suaminya.

https://www.klikdokter.com

Gara-gara pengakuannya itu kini ramai beredar kabar bahwa wanita itu menjalani open marriage atau open relationship dengan mantan suaminya. Bahkan salah satu akun Twitter bernama @BanyuSadewa menuliskan di akunnya, “Bunda bunda kok kaget sih kalo dibuat taon 2017? Jangan polos polos amat dong, open-marriage itu fenomena biasa kok bundsay.”

Dilansir dari wolipop.detik.com, menurut Psikolog Meity Arianty STP., M. Psi, menjelaskan lebih lanjut apa arti open relationship. Menurut Meity, open relationship adalah hubungan yang memperbolehkan masing-masing pihak untuk bercinta atau berhubungan seks dengan orang lain selain pasangannya.

Baca Juga: Tips Melewati Badai Perselingkuhan

Hubungan ini bersifat konsensual atau terjadi atas persetujuan kedua pihak dalam pasangan tersebut. Hubungan ini diyakini tidak melibatkan perasaan. Dengan kata lain dia bisa bercinta dengan siapa saja tapi tidak boleh jatuh cinta ke orang tersebut. Bisa dibayangkan apa yang terjadi pada pasangan yang melakukan hal ini?

Dalam menjalani open relationship atau open marriage ini pastinya pasangan yang terlibat memiliki aturan tersendiri.

“Mereka membuat aturan yang paling pas buat mereka. Misal tidak boleh cemburu, tidak boleh mengatur, tidak boleh melihat handphone pasangannya, tidak boleh membahas atau membandingkan dirinya dengan orang lain. Hanya boleh melakukan hubungan satu kali dengan orang yang sama, tidak boleh kencan dan melakukan hal romantis,” jelas Mei lebih lanjut

Di Indonesia sendiri open relationship atau open marriage belum terlalu lazim untuk diterapkan karena tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Bisa saja mereka yang sudah terlanjur menjalani open marriage akan berujung dengan hancurnya pernikahan mereka akibat perasaan bersalah yang pada akhirnya selalu menimbulkan prasangka buruk kepada masing-masing pasangan resminya.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk melakukan open marriege?

Ella I

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × one =