by

Overthinking dan Dampaknya

 

Mungkin ada sebagian orang yang merasa lelah melewati hari-harinya, padahal mereka tidak habis melakukan aktivitas fisik yang cukup berat. Jika kamu pernah merasakan hal itu, mungkin saja rasa lelah itu disebabkan oleh overthinking yang tidak kamu sadari.

Dikutip dari .alodokter.com, overthinking adalah istilah untuk perilaku memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Hal ini bisa dipicu oleh adanya kekhawatiran akan suatu hal, mulai dari masalah sepele dalam kehidupan sehari-hari, masalah besar, hingga trauma di masa lalu, yang membuat kamu tidak bisa berhenti memikirkannya.

Lalu sebenarnya apa tanda-tandanya jika seseorang itu overthinking?

  1. Orang yang overthinking tidak jarang selalu mempunyai pikiran yang buruk, padahal belum tentu apa yang dipikirkannya itu akan terjadi, bisa jadi justru masalah yang dihadapinya tidaklah seberat apa yang sedang dipikirkan.
img source : freepik
  1. Jika kamu selalu berpikiran jauh tetapi didominisasi dengan hal yang negatif sehingga sering membuat kamu takut untuk melakukan suatu hal karena takut gagal misalnya, itu artinya kamu termasuk tipe orang yang

Apa saja yang akan terjadi jika kamu tetap memikirkan segala sesuatu yang berlebihan?

  1. Menekan Sistem Kekebalan Tubuh

Stres menyebabkan pelepasan kortisol dalam tubuh, yang pada akhirnya melemahkan sistem kekebalan tubuh; ketika pertahanan alami tubuh ditekan, hal itu menjadi lebih rentan terhadap infeksi penyakit. 

  1. Sulit Tidur

Memikirkan segala sesuatu secara berlebihan bisa menyebabkan kamu mengalami sulit tidur, karena otak dipaksa terus untuk berpikir, akibatnya kamu akan kekurangan energi yang diperlukan untuk aktivitas kamu.

img source : freepik
  1. Stress

Dampak buruk dari overthingking salah satunya adalah stress, hal ini disebabkan karena otak selalu sibuk memikirkan hal-hal yang tidak perlu secara berlebihan, sehingga tekanan psikologis semakin besar.

Hal ini menyebabkan sistem saraf pusat dalam tubuh akan mengirim

sinyal ke kelenjar adrenal dan melepas hormon stres dalam jumlah banyak. Gejala fisik akibat stres yang mungkin kamu rasakan termasuk sakit kepala, mual, konsentrasi terganggu, detak jantung meningkat, dan napas tergesa-gesa.

Menjadi orang yang selalu memikirkan segala sesuatu secara berlebihan memang membuat keadaan diri kita menjadi sangat tidak nyaman, namun ada beberapa cara untuk mengatasi overthinking:

  1. Melakukan Aktivitas yang Menyenangkan.

Untuk membantu mengalihkan pikiran yang berlebihan kamu bisa melakukan kegiatan yang kamu sukai, seperti membaca buku, mendengarkan musik, berkebun, dan sebagainya.

img source : freepik
  1. Tulis Apa yang dipikirkan.

Dengan menuliskan apa yang kamu pikirkan akan dapat membantu meringankan beban pikiran kamu, hal ini lebih baik daripada kamu pikirkan terus sehingga akan menambah banyak pikiran.

img source : freepik
  1. Merefleksikan Diri

Masalah tidak akan selesai dengan terus memikirkan secara berlebihan, alangkah lebih baik refleksikan diri dan belajar dari kesalahan agar dapat menghindarinya.

  1. Berbagi Cerita

Memendam semuanya sendiri juga bisa membuat kamu menjadi overthinking. Cobalah untuk memulai bercerita dengan orang lain yang menurutmu nyaman sebagi tempat untuk berbagi. Dengan kamu berbagi cerita setidaknya akan meringankan beban yang ada dalam diri kamu.

  1. Konsultasi dengan Ahlinya

Jika segala cara telah kamu lakukan namun masih tidak membuahkan hasil, segera konsultasikan hal itu dengan psikolog agar beban kamu dapat terselesaikan dengan baik

Sumber: https://hellosehat.com; https://www.alodokter.com; https://www.sehatq.com; https://www.halodoc.com/

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × 5 =