by

Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

-Tips-34 views

Selama bulan Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, artinya selama beberapa jam dalam satu hari tidak makan dan minum. Namun bagaimanakah menjaga daya tahan tubuh kita di masa pandemi Covid-19 ini agar tetap berenergi?

Virus corona mempunyai sifat yang sangat cepat penyebarannya terutama bagi orang yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah, terlebih lagi di saat tubuh kita kurang asupan makanan maupun minuman.

Lalu bagaimana agar tubuh tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa di tengah situasi pandemi covid-19 ini? Di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu:

1. Penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan

     Agar nutrisi dan cairan di dalam tubuh kita tetap terjaga selama menjalankan ibadah puasa, maka perlu melengkapi menu sahur dan berbuka puasa dengan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks untuk sumber energi kita, juga protein untuk menjaga daya tahan tubuh dan serat untuk melancarkan pencernaan.

     Tidak lupa minumlah air putih dengan takaran yang sudah ditentukan agar tubuh kita tidak kekurangan cairan (dehidrasi).

lifestyle.bisnis.com

2. Tetap Berolahraga

     Puasa memang membuat tubuh menjadi lesu, namun bukan berarti kamu tidak boleh beraktifitas sama sekali. Lakukan olah raga ringan selama 10 – 15 menit, 3 sampai 5 kali seminggu.

Baca Juga:

Pengeluaran Yang Harus Diwaspadai Menjelang Lebaran

Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar

Olahraga Di Waktu Puasa

     Banyak pilihan olah raga yang dapat kamu lakukan, seperti yoga, jalan santai, dan sebagainya, yang terpenting tetap dengan menjaga jarak satu dengan yang lain.

alodokter.com

3. Jangan Memaksakan Berpuasa

     Jika merasa diri sedang sakit terlebih lagi jika terkena covid-19 maka sangat dianjurkan untuk tidak melakukan ibadah puasa. Jika tetap memaksakan menjalankan ibadah puasa justru akan lebih memperburuk keadaan diri sendiri karena tubuh tidak akan mampu melawan serangan penyakit.

4. Melakukan Ibadah di rumah

     Melakukan ibadah di rumah sama artinya kamu sudah memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Kamu bisa melakukan shalat terawih berjamaah bersama keluarga, mendengarkan ceramah melalui TV ataupun di media sosial.

istockphoto

Sumber: https://www.halodoc.com; https://www.alodokter.com/

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =

News Feed