by

Tips Mengatasi Stres dengan Metode Coping

-Tips-61 views

Menjalani hidup tanpa merasakan suatu masalah adalah hal yang sangat tidak mungkin. Setiap manusia selama masih diberikan nafas oleh Tuhan pasti memiliki masalah walaupun dengan jenis dan kadar yang berbeda-beda. Bukan suatu hal yang mustahil jika masalah yang dihadapi akan menjadikan diri kita mengalami stres bahkan jika dibiarkan berlama-lama stres akan berubah menjadi depresi.

halodoc.com

Strategi coping adalah suatu kemampuan untuk menoleransi, meminimalkan risiko, dan menghadapi stres dengan efisien. Dengan menggunakan metode coping maka akan membantu kita dalam mengendalikan stres sehingga kita akan menjadi lebih “kuat” ketika dihadang suatu masalah.

Strategi coping ternyata memiliki nilai dan tujuan yang berbeda. Terdapat dua penggolongan strategi coping:

  1. Strategi Berasaskan Masalah (problem-based)

Strategi coping berasaskan masalah merupakan strategi untuk mengubah situasi yang dihadapi. Seseorang cenderung akan menggunakan strategi ini bila masalah yang dihadapinya masih dapat dikontrol dan diselesaikan.

Contohnya strategi coping yang dapat dilakukan adalah dengan membuat to-do list untuk memperbaiki keadaan dan meninggalkan situasi toxic yang tidak bisa ditoleransi bagi diri sendiri

Baca Juga:

Menjaga Kesehatan Mental di Saat Pandemi

  1. Strategi Berasakan Emosi (emotions-based)

Strategi ini dilakukan untuk memulihkan perasaan dan emosi. Langkah ini dilakukan jika kita merasa tidak bisa mengubah situasi atau situasi itu di luar kendali.

Bila kita merasakan situasi kecewa ataupun sedih maka alihkan fokus dan perhatian dari sumber masalah. Lakukan hal yang menyenangkan, seperti:

memasak, menulis, bermain game, meditasi, mendengarkan musik, pergi berlibur, dan masih banyak lainnya.

Efektifitas menggunakan metode coping tergantung dari jenis permasalahan yang dihadapi. Untuk melatih strategi coping ada beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Berpikir positif

Dengan berpikir positif selain akan menaikkan imunitas tubuh juga akan membuat kita selalu bahagia dan optimis.

  1. Menerima Diri Sendiri dan Orang Lain

Yakinkan diri bahwa di dunia ini tidak ada orang yang sempurna dan setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan.

  1. Komunikasi

Jangan pernah memendam emosi negatif atau amarah terlalu sering. Cobalah untuk membuka komunikasi secara baik dengan orang yang bersangkutan.

  1. Berusaha Tenang

Tarik nafas dan tenangkan diri sebelum membuat keputusan di saat pertama kali mengalami masalah untuk menghindari stres yang berlebihan.

Sumber: https://hellosehat.com; https://www.sehatq.com; https://media.neliti.com; https://www.klikdokter.com/

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =

News Feed